Ini Adalah Kekalahan Terbaik

oleh Putri Chairina

Aku bukan pemerhati bola. Walau dahulu diriku ini sempat menjadi fans berat Brazil tiap kali ada piala dunia. Aku cuma tergelitik dengan pernyataan Jose Mourinho, pelatih Inter Milan, ketika Inter mengalami kekalahan 0-1 di tangan Barcelona.

Mourinho bilang,

Ini adalah kekalahan terbaik saya.


Jose Mourinho, pelatih Inter Milan.

Ya. Inter boleh jadi kalah di tangan Barcelona dengan skor 0-1. Tapi itu sebenarnya merupakan prestasi, mengingat pemain Inter yang berjumlah 10 harus melawan 11 pemain Barcelona.

Dan Inter boleh jadi kalah. Tapi secara hitung-hitungan agregat, poin yang dikumpulkan Inter (3) membuat Inter tetap melesat ke putaran final.

Kekalahan terbaik bagiku

Kombinasi kata yang menarik. “Kalah” dan “terbaik”. Hmm… Pernahkah dirimu mengalami kekalahan-terbaik? Kapankah itu?

Ah, tiap orang boleh jadi memiliki definisi masing-masing. Bagiku, kekalahan terbaik terjadi ketika aku bisa dengan lapang dada menerima kekalahan itu. Ketika aku bisa tersenyum tulus biarpun kalah. Tersenyum di hati dan di bibir.

Orang lain boleh jadi kasihan, bersimpati, bahkan terbahak atas kekalahan-terbaikku.  Entah kekalahan itu dalam bentuk penolakan, kesalahan, kegagalan, kebankrutan, dsb. Namun kekalahan-terbaik itu justru membuat hatiku lempeng, semakin dekat dengan-Nya. Semakin pasrah kepada segala keputusan-Nya. Semakin tawakkal.

Karena bagiku,
“kekalahan” itu terjadi ketika aku keluar dari orbit.
Ketika aku bertekuk-lutut di hadapan hawa-nafsu.
Ketika aku semakin jauh dari-Nya.
Dan aku kalah-telak ketika aku bukannya ber-taubatan nasuha, malahan mencari-cari pembenaran atas kekalahan itu.

Astaghfirullah… Ampuni diri ini ya Ghaffar… T__T


Sahabat, jika ada kebaikan, harapan, cita-cita, atau apa pun itu yang ingin kau raih,
maka berusahalah dengan sungguh-sungguh! Ber-jihad!
Lalu sertai dengan doa.
Terakhir, tawakkal kepada Allah.

Sahabat, jika jalan yang kau tapaki itu adalah yang terbaik di sisi-Nya, maka semoga Allah memudahkan langkahmu.
Namun jika itu bukanlah yang terbaik disisi-Nya, maka sesungguhnya Allah adalah Dzat Yang Maha Mengetahui.

Tinggalkan Balasan

